Reportase Amazon Van Java 1

IMG-SHANA-2017030715 Februari 2017, Shana seorang broadcaster muda asal Jakarta, meluangkan waktu untuk membantu melakukan Dokumentasi obyek wisata Dukuh Pekuluran, Desa Sidoharjo, Kec Doro, Kab Pekalongan bersama seluruh Jajaran Tim Kali Welo Foundation. Selain obyek wisata Tim Kreatif ini mendokumentasikan kehidupan sehari – hari di Dukuh Pekuluran yang sedang berbenah untuk menjadi Desa Destinasi Wisata. Awal perjuangan panjang guna mencapai tujuan mulia. Pukul 08.00 rombongan menuju Dukuh Pekuluran dijemput Doplak asal Pekuluran yang dipesan oleh Pokdarwis Pekuluran. Ustadz Syaifuddin, sesepuh Warga Pekuluran memimpin rombongan. Beliau adalah Panutan Warga Pekuluran, seorang ulama dengan pandangan maju dan moderat. Juga Imam Nurhuda, Koordinator Umum Kali Welo Foundation, sekaligus senior Penggiat Kepariwisataan Pekalongan, bergabung bersama Rombongan.

Disambut hangat oleh Pak Sayo, Bahu Dukuh Pekuluran, seluruh rombongan dipersilahkan menikmati hidangan khas Pekuluran di rumah Pak Sayo yang penuh keramah – tamahan. Minuman Juruh hangat, berbahan Nira Aren terasa nikmat ditengah hujan rintik berhawa sejuk antara 23° – 25° C di sebuah dukuh terletak pada 754 m diatas Permukaan Laut, di Pulau Jawa, tepatnya bagian selatan Kabupaten Pekalongan.

img_rapat-desa-pekuluran-15-02-2017Temu warga Pekuluran diadakan di Masjid Ar-Ridlo Pekuluran, dialog dan pencanangan tekad Warga Pekuluran untuk menjadikan dukuh mereka sebagai Desa Destinasi Wisata berlangsung dengan penuh kesejukan, penuh optimisme dan kegembiraan, tanpa meninggalkan Permohonan untuk selalu dalam bimbingan dan lindungan Allah SWT.

Hari pertama, 15 Februari 2017 anggota Pokdarwis Pekuluran membawa seluruh rombongan menyusuri sudut – sudut Dukuh Pekuluran, menyaksikan keindahan sungai, bentangan sawah, rimbun hutan, suburnya ladang. Pekuluran sungguh mengagumkan, dukuh yang belum dirambah supali listrik PLN – Indonesia ini, menerangi dukuh mereka dengan membangun Kincir Air sebagai PLTA mikro, sumber energi terbarukan yang melimpah di Pekuluran. Hutan lindung mengelilingi dukuh terjaga kelestariannya, inilah Titik Hutan Tropis paling Indah di Pulau Jawa, satu – satunya hutan tropis yg tersisa membentang sejauh mata memandang.

img_sanaSumber air bersih didapatkan dengan menyalurkan Air dari mata air alami ke rumah – rumah penduduk secara gotong royong. Pekuluran sungguh bagaikan serpihan Surga yang tercecer ke bumi. Kesegaran atmosfir dengan supali Oksigen melimpah, menyegarkan. Relatif bebas polusi apapun. Gemericik suara air menimpa kincir menambah kesyahduan alam Pekuluran.

Hari ke 2, 16 Februari 2016, anak – anak muda Pekuluran dengan sangat sopan, ramah dan penuh pengertian membantu Tim Kreatif yang seluruhnya anak – anak muda Kota menembus tantangan merambah jalan rintisan menuju obyek wisata Curug Kali Jero. Tim Pertama sebagai penembus jalan ditenagai bahu Kademangan Pak Sayo dan Pak Bejo, cangkul dan parang menebas pohon dan semak merintang. Meratakan jalan agar enak dilalui kaki-kaki anak kota yang terbiasa dengan jalan beton dan aspal.

Situs Curug Kali Jero bersebelahan dengan Situs Watu Prahu, tonjolan batu berbentuk anjungan perahu ( spoon shape ), diyakini sebagai Perahu Nabi Nuh yang berlabuh setelah banjir dunia selesai.

Bukan perjalanan mudah bagi anak-anak kota, namun ketika tiba di area curug kali jero, seluruh kelelahan terbayar lunas, air terjun mengalir, menyuarakan gemericik Kebesaran Tuhan, layaknya sebuah dekorasi alam. Batu – batu segi lima yang dalam terminologi geologi dikenal sebagai Columnar Join berjajar rapi bagaikan prajurit kerajaan Nusantara membela tanah air mereka. Setelah Batu Perahu dan Curug Kali Jero, seluruh Tim bersama dengan Pokdarwis Pekuluran meng-eksplorasi Curug Bendo, Pokdarwis Pekuluran setiap akhir pekan membersihkan Curug Bendo, mengatur ulang sungai dibawah curug, membuat bendungan alami dengan tumpukan batu kali, sehingga berbentuk kolam yang cukup untuk mandi, bermain dan bergembira.

Ekspedisi Amazon Van Java 1 sepenuhnya didukung secara moril dan meteriil oleh Kali Welo Foundation sebagai wujud nyata pendampingan kepada warga Pekuluran untuk membangun Pekuluran sebagai Desa Destinasi Wisata. Seluruh dokumentasi Ekspedisi Amazon Van Java 1 dapat diakses di situs Fans Page Pekuluran Amazon Van Java

Iklan

One thought on “Reportase Amazon Van Java 1

Komentar ditutup.